. Kematian Jamal Khashoggi: Trump 'tidak puas' dengan Saudi | INDAHNYA BERBAGI

Kematian Jamal Khashoggi: Trump 'tidak puas' dengan Saudi

atas
tengah
Kematian Jamal Khashoggi: Trump 'tidak puas' dengan Saudi
Kematian Jamal Khashoggi: Trump 'tidak puas' dengan Saudi

Presiden AS Donald Trump mengatakan dia "tidak puas" dengan laporan Arab Saudi tentang kematian jurnalis Jamal Khashoggi.

Pada hari Jumat, Arab Saudi untuk pertama kalinya mengakui bahwa Khashoggi telah mati, mengatakan dia tewas dalam "pertarungan tinju" di konsulat Istanbul.

Tetapi penjelasan itu telah bertemu dengan skeptisisme.

Para pejabat Turki percaya bahwa Khashoggi - seorang pengkritik pemerintah Saudi - dibunuh dan tubuhnya dipotong-potong.

"Saya tidak puas sampai kita menemukan jawabannya," kata Trump, menambahkan bahwa sanksi adalah kemungkinan, tetapi menghentikan kesepakatan senjata akan "menyakiti kita lebih dari itu akan menyakiti mereka".

Mr Trump mengatakan itu "mungkin" bahwa Pangeran Mahkota Saudi yang kuat Mohammad bin Salman tidak tahu tentang pembunuhan itu.

Hingga Jumat, Arab Saudi membantah mengetahui keberadaannya dan bersikeras bahwa ia telah meninggalkan gedung itu hidup-hidup

Turki telah berjanji untuk mengungkapkan semua rincian tentang bagaimana Tuan Khashoggi terbunuh.

Publik Turki sejauh ini telah berhenti mempersalahkan Arab Saudi atas pembunuhan itu. Para penyelidik Turki, bagaimanapun, mengatakan mereka memiliki bukti audio dan video yang menunjukkan Khashoggi dibunuh oleh tim agen Saudi di dalam konsulat.

Polisi telah mencari konsulat, kediaman konsul, serta hutan di dekatnya, di mana para pejabat percaya bahwa tubuhnya mungkin telah dibuang.
Apa versi acara Arab Saudi?

Kerajaan itu mengatakan sebuah perkelahian terjadi antara Khashoggi, yang tidak disukai oleh pemerintah Saudi, dan orang-orang yang bertemu dengannya di konsulat - berakhir dengan kematiannya.

Ia mengatakan penyelidikan sedang berlangsung, dan sejauh ini 18 warga Saudi telah ditangkap.

Pejabat yang tidak disebutkan namanya berbicara kepada kantor berita Reuters dan New York Times mengatakan Saudi tidak tahu keberadaan mayat itu setelah diserahkan kepada "kolaborator lokal" untuk dibuang.

Selain penangkapan, dua pejabat senior telah dipecat atas urusan - wakil kepala intelijen Ahmad al-Assiri dan Saud al-Qahtani, pembantu senior Putra Mahkota Mohammed Bin Salman.

Pihak berwenang Saudi belum memberikan bukti untuk mendukung versi acara ini.
Bagaimana tanggapan orang lain?

Kanselir Jerman Angela Merkel telah mengutuk pembunuhan "dalam istilah terkuat", menyebut penjelasan yang diberikan tentang keadaan kematian Mr Khashoggi "tidak memadai".

Kantor Luar Negeri Inggris menggambarkannya sebagai "tindakan yang mengerikan" dan mengatakan orang-orang di belakang pembunuhan "harus dimintai pertanggungjawaban".

Menteri Luar Negeri Prancis Jean-Yves Le Drian mengatakan banyak pertanyaan "tetap tidak terjawab", menggemakan seruan untuk penyelidikan.


Sejumlah anggota parlemen AS, termasuk seorang Republikan yang sangat kritis terhadap Saudi, Senator Lindsey Graham, mengatakan mereka skeptis tentang laporan tentang kematian wartawan itu.

Australia mengumumkan akan menarik diri dari KTT investasi di Arab Saudi akhir bulan ini - bergabung dengan boikot yang berkembang yang meliputi menteri keuangan AS, Inggris, Belanda dan Perancis atas pembunuhan Khashoggi.

Tunangan Mr Khashoggi, Hatice Cengiz, bertanya dalam tweet apa yang terjadi pada tubuhnya, mengatakan: "Hati berduka, mata berkaca-kaca, dan dengan perpisahan Anda, kami sedih, Jamal sayang."

The Washington Post, di mana Mr Khashoggi adalah seorang kontributor, telah merilis wawancara yang sebelumnya tidak terdengar yang dia berikan kepada Karen Attiah, editor Global Opinions.

Di dalamnya dia berkata: "Pemimpin kita melihat diri mereka sebagai pemimpin yang paling tahu, dan orang-orang seperti saya ... hanya menghambat proses untuk reformasi mereka."

Sumber:https://www.bbc.com/news/world-middle-east-45929400
bawah